Penjelasan mengenai produk Whole Life Insurance, bagaimana perbandingannya dengan Critical Illness Insurance yang merupakan produk Unit Link terutama dari sisi manfaat dan biaya asuransi.

LiGHT Insurance Consultant Indonesia

Case Study

Dalam Policy Review ini, LiGHT diminta oleh pemilik polis asuransi Whole Life untuk menjelaskan perlindungan yang dimiliki dan apa yang harus dipertimbangkan untuk memberikan perlindungan yang lebih memadai bagi tertanggung.

Policy Review ini juga berupaya menjawab dan menjelaskan lebih dalam apakah benar produk asuransi Whole Life pasti lebih murah daripada Unit Link.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Bila dihadapkan antara dua pilihan, dalam konteks Whole Life Insurance yang hanya memberikan jaminan uang pertanggungan, walaupun dengan biaya asuransi yang relatif rendah, sangat bijak untuk calon tertanggung mempertimbangkan alternatif produk, Critical Illness Insurance. Asuransi penyakit kritis memberikan jaminan perlindungan lebih lengkap yaitu:

  • Uang Pertanggungan dengan limit yang relatif tinggi (dan dalam contoh diatas sama dengan limit polis asuransi Whole Life) hingga usia 100 tahun.
  • Santunan 100 Kondisi Penyakit Kritis hingga usia 100 tahun.
  • Pembebasan biaya premi bila tertanggung terdiagnosa 1 dari 49 penyakit kritis dan premi akan dibayarkan oleh perusahaan hingga usia 65 tahun.

Karena dalam kenyataannya, pemilik polis sudah memiliki polis Whole Life selama lebih dari 6 tahun dengan masa pembayaran 10 tahun dan mendapat fasilitas asuransi kesehatan keluarga yang sangat baik dari perusahaan, pemilik polis pada akhirnya kami sarankan untuk mengambil Critical Illness Insurance untuk melengkapi Whole Life Insurance dengan memprioritaskan limit lebih tinggi untuk santunan penyakit kritis.

Whole Life vs Unit Link Insurance

Contoh di atas bisa dijadikan gambaran bahwa bila kita bandingkan dari sisi biaya, biaya asuransi antara produk asuransi Whole Life dan Unit Link tidak banyak berbeda. Penting untuk disadari bahwa perhitungan di atas belum memperhitungkan manfaat Unit Link sebagai hasil investasi tambahan.

Bila pandangan tentang Unit Link ditempatkan secara benar dan proposional yaitu sebagai tabungan investasi jangka panjang, Unit Link bisa berguna untuk mengurangi biaya asuransi secara keseluruhan. Dalam contoh produk Whole Life di atas, tertanggung sama sekali tidak memiliki tabungan jangka panjang untuk mengurangi biaya premi atau pengganti biaya premi bila dibutuhkan.

Jadi sebagian pandangan yang menyatakan bahwa produk Whole Life pasti lebih murah dari Unit Link tidaklah selalu benar. 

Berapa besar sebenarnya biaya yang dikeluarkan harus diselidiki lebih detail dan mendalam dengan perbandingan produk secara khusus.

Bahkan bila dibandingkan produk Whole Life di atas, dengan produk Unit Link dan sedikit tambahan anggaran, tertanggung bisa mendapatkan manfaat dan perlindungan yang lebih lengkap dengan jaminan jangka waktu yang sama.

Pada akhirnya premi rendah tidak bisa dijadikan satu-satunya tolak ukur keunggulan suatu produk asuransi, namun harus dilihat secara menyeluruh dari manfaat, perlindungan dan jangka waktu produk yang dijamin di dalam polis.

Silahkan hubungi LiGHT untuk mendapatkan Policy Review asuransi yang Anda miliki. 

Penulis: RC, Mei 2017